training cisco BLC Telkom klaten



A.Pendahuluan
Training Cisco bersama Best path Network BPN didampingi mas fathur,mas budi,dan mas bejo yang memabahas materi Cisco dari dasar pengenalan dasar jaringan seperti  LAN,MAN,WAN,internet,komunikasi,cycber ops,IP address,Layer OS,jenis" organisasi Standarisasi Jaringan hingga routing.dalam materiyang disampaikan tentang pemahaman dan konsep dari sebuah definisi jaringan


B.waktu
jam 08.00-12.00
jam 12.00-01.00 istirahat
jam 01.00-15.00
jam 15.00-19.00 istirahat
jam 19.00-21.30

C.Tujuan 
agar pembaca dapat memahami tahap tahapan dalam training dan exam ccent 


D.Pembahasan
dalam materi yang di sampai kan oleh kakak BPN ada beberapa point yang saya tangkap dari pengenalan jaringan dasar hingga cycber ops yang membahas rentan nya keamanan pada era sekarang bahkan pencurian data dan penjualan data diri penguna layanan media sosial yang di perjual belikan ke pihaka ketiga tanpa sepengatahuan dari user sendiri dalam hal ini kita dapat menyikapi nya dengan bijak dengan tidak mengumbar data diri kita di Medsos atau pun media yang dapat di Ekspos orang banyak. rentan nya keamanan juga tidak lepas dari aktifitas user sendiri dalam mengakes situs situs tertentu dan mendowload sesuatu yang dapat di gunakan sebagai celah untuk masuk banyak nya kejahatan cycber juga di karenakan oleh pengguna media sosial di indonesia yang rata"tidak bijak dalam menggunakan Medsos.

    pengenalan jaringan dasar dari Internet yang merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari sebuah jaringan yang lebih kecil dan saling terhubung satu sama lain untuk bertukar data hingga dapat di katakan bahwah internet adalah milik kita bersama.
    macam jaringan

  •  LAN (local Area Network)

sebuah jaringan yang memiliki wilayah kecil misal antar ruang atau un antar gedung.


  •    MAN(Metropolitan Area Network)

sebuah jaringan yang terdiri atas beberapa LAN memliki wilayah lumayan luas misal antar desa,kecamatan,bakan antar kota. 
  

  •    WAN(Wide Area Network)

sebuah jaringan yang terdiri atas beberapa WAN yang memiliki wilayah cukup luas antar negara dan benua.

IP  address adalah sebuah pengalamatan yang diberikan pada perangkat yang terhubung kejaringan
  • IPv4 adalah ip address yang terdiri dari 32 bit dari bilangan oktal terbagi dalam 4 oktet setiap oktet terdiri dari 8 bit
  • IPV6 adalah ip address yang terdiri dari 128 bit dari bilangan heksadesimal  terbagi dalam 8 field atau oktet setiap oktet terdiri dari 16 bit.
E.kesimpulan
dalam materi cisco terdapat 9 chapter chapter 1- 3 memuat materi dasar sangat membantu dalam melakukan konfigurasi lanjutan .

F.Referensi
ebook REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter1 
ebook REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter 2
ebook REVIEW_NetEss_Instructor Materials_Chapter 3

Comments

Popular posts from this blog

Debian itu apa sih?

Supernetting

Fishbone Diagram/Ishikawa Diagram