Hari Kedua Training Sertifikasi CCENT Oleh BPN

Hari Kedua Training Sertifikasi CCENT Oleh BPN




*Pendahuluan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai teman, berjumpa lagi denga saya. Kali ini saya akan memposting tentang chapter - chapter pada Cisco dan disinilah saya juga belajar dan mengenal Apa itu security dan hacking lalu juga chapter 1-3 tentang CCENT tapikali ini juga ada mas Bejo.

*Latar Belakang

Kurangnya tenaga kerja dalam bidang security dan kurangnya wawasan tentang mudahnya Cisco.  dalam Sertifikasi Cisco banyak yang harus diketahui seperti jaringan web dan network juga apa seperlunya subnetting.

*Alat dan Bahan

- Laptop
- Internet
- Modul

*Waktu yang dibutuhkan

16 jam

*Pembahasan Materi

Introduction to CyberOps CyberOps Seseorang yang menganalisis anomali Pentingnya keamanan cyber Serangan dan teknik Melindungi data pribadi Melindungi data organisasi Masa depan di bidang keamanan CyberOps ================================================================================================================================================ Day 2 -----
# Chapter 1 Jaringan adalah 2 buah komputer atau lebih yang saling terhubung untuk saling berbagi resource Online adalah suatu kondisi saat kita terhubung dengan internet Internet adalah kumpulan jaringan saling terhubung Pembagian jaringan: |LAN (Local Area Network): - SOHO Memungkinkan memungkinkan komputer di dalam kantor rumah atau kantor jarak jauh untuk terhubung ke jaringan perusahaan atau mengakses sumber daya bersama yang terpusat. |MAN |WAN |WLAN

#Data adalah nilai yang mewakili sesuatu Jenis-jenis data: - Volunteered data (data sukarela) Data sukarela dibuat dan dibagikan secara eksplisit oleh individu, seperti profil jaringan sosial. Jenis data ini mungkin termasuk file video, gambar, teks atau file audio. - Inferred data (data yang disimpulkan) Data yang disimpulkan, seperti nilai kredit, didasarkan pada analisis data sukarela atau data yang diamati. - Observed data (data yang diamati) Data yang diamati ditangkap dengan merekam tindakan individu, seperti data lokasi saat menggunakan ponsel.

#Komponen jaringan: 1. Intermediate devices (perangkat perantara) 2. End devices (perangkat host/client) 3. Network media (media transmisi) Bit adalah unit data terkecil serta ditransmisikan sebagai sinyal melalui kawat tembaga, kabel serat optik, dan nirkabel. Bandwidth Lebar jalur data Throughput Kecepatan data yang sebenarnya Jaringan Local: - Peer-to-Peer Dua komputer dan tidak membutuhkan server - Client to server Server adalah perangkat yang memberikan informasi ke client Client adalah yang menginstal perangkat yang memungkinkan mereka meminta dan menampilkan informasi Ping adalah sebuah utilitas/alat yang dapat digunakan untuk menguji konektivitas end-to-end antara alamat IP sumber dan tujuan Traceroute adalah utilitas yang dapat digunakan untuk menampilkan hop untuk sampai ke tujuan Latency adalah jumlah waktu, termasuk penundaan, diambil untuk potongan data tertentu untuk melakukan perjalanan dari satu titik tertentu ke titik lainnya.
# Chapter 2 Ponsel menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal ke antena yang terpasang menara yang berada di wilayah geografis tertentu. Jaringan lain yang digunakan oleh ponsel pintar meliputi GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC: - Global Positioning System (GPS): jaringan telepon pintar yang memungkinkan ponsel menghitung lokasi ponsel - wi-fi: jaringan telepon pintar yang memungkinkan ponsel terhubung ke jaringan lokal dan internet menggunakan jalur akses nirkabel - bluetooth: teknologi nirkabel jarak pendek untuk menghubungkan headphone atau speaker ke jaringan lokal - NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja. Tiga komponen informasi yang dibutuhkan oleh perangkat pengguna akhir untuk berkomunikasi di jaringan: - Alamat ip: Alamat yang digunakan sebagai identitas - Subnet mask: Untuk pembagian net id dan host id - Default gateway: IP yang digunakan untuk berkomunikasi dengan network yang berbeda DNS Server: perangkat yang menerjemahkan nama domain (www.cisco.com) ke alamat IP Physical topology/topologi fisik: sebuah diagram topologi yang menunjukkan lokasi perangkat jaringan yang menghubungkan host dan kabel yang terpasang Logical topology/topologi logis: sebuah diagram topologi yang menunjukkan informasi konfigurasi dan perangkat pengalamatan IP Prinsip DHCP yaitu DORA: - Klien mengirimkan pesan DHCP Discover.
* Alamat tujuan IPv4 255.255.255.255 (32 ones)
* Alamat MAC tujuan FF-FF-FF-FF-FF-FF (48 ones).
 - DHCP server akan response dengan mengirimkan paket (DHCP offer) - Host akan meminta request ip ke server (DHCP request) - Server akan mengirimkan/meminjamkan paket ip ke host(DHCP ACK) Type network media: - Cooper (UTP & STP, dll) > max 100m - Coaxial (Kabel televisi, dll) > max 500m - Fiber-optic > max 2km (single mode), 550m (multi mode)

#Kriteria untuk memilih media jaringan: 1. jarak 2. lingkungan 3. kecepatan 4. biaya 5. jumlah data Gangguan
saat mengirim data yaitu: 1. Interferensi (crosstalk) 2. Elektromagnetik (EMI) Perbedaan UTP dan STP: STP > Dalam bungkusan terdapat lagi bungkus-bungkus kecil tiap warna yang menyerupai (misal putih orange & orange) UTP > Hanya ada 1 bungkusan untuk semua warna UTP.

#Jenis kabel jaringan yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat straight-through. Jenis kabel yang digunakan untuk dua perangkat yang menggunakan pin berbeda untuk mentransmisikan dan menerima data crossover: jenis kabel yang akan digunakan untuk dua perangkat yang menggunakan pin yang sama untuk mentransmisikan dan menerima data Coaxial: Sarana penyalur yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal–sinyal listrik. FIber optic terdiri dari: Jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.
1. Jacket
2. Strengthening material
3. Buffer
4. Cladding
5. Core

# Chapter 3 Tiga elemen penting dalam komunikasi:
1. Source
2. Destination
3. Media transmisi Protocol adalah suatu aturan berkomunikasi pada perangkat komputer Protokol komunikasi: - Timing: Kecepatan pengiriman ke tujuan - Message size: Ukuran suatu paket yang dapat dikirimkan dalam waktu tertentu - Message format: Format paket atau data yang akan dikirim - Encapsulation: Memberikan informasi tambahan - Encoding: Proses mengubah informasi ke bentuk yang lain agar mudah dimengerti - Message pattern.
Pola pengiriman paket/data Metode pengiriman:
1. Broadcast (1 untuk semua)
2. Multicast (1 untuk banyak atau grup)
3. Unicast (1 untuk 1) Standar adalah seperangkat aturan yang menentukan bagaimana sesuatu harus dilakukan Protocol jaringan dan standard internet memungkinkan beberapa jenis perangkat berkomunikasi melalui internet. Organinsasi standard jaringan - standart dikembangan, diterbitkan dan dipelihara oleh berbagai organisasi diantaranya yaitu: EIA, IETF, IANA, IEEE, ICANN, ITU, TIA. Protocol stack - Komunikasi yang sukses membutuhkan interaksi antar protocol - Sebuah stack protocol digunakan untuk membantu memisahkan fungsi masing-masing protocol - Hal ini memungkinkan setiap laposan di stack beroperasi secara independen dari yang lain Menggunakan model layered - Model berlapis membantu kami memvisualisasikan bagaimana berbagai protokol bekerja bersama untuk memungkinkan komunikasi jaringan.

#Perbedaan osi layer dan TCP/IP yaitu: - OSI LAYER digunakan untuk standar komunikasi, sedangkan TCP/IP digunakan untuk komunikasi jaringan - OSI LAYER cuman materi namun digunakan pada proses troubleshooting, sedangkan TCP/IP diterapakan atau diimplementasikan

#Keuntungan open standard: - Persaingan sehat - Bisa berinovasi - Bisa berkomunikasi antar vendor Enkapsulasi - Proses menempatkan satu pesan ke dalam format pesan lain disebut enkapsulasi - De-enkapsulasi terjadi saat proses dibalik - Sebelum pesan jaringan dikirim melalui jaringan, jaringan tersebut dienkapsulasi dalam bingkai yang mengidentifikasi alamat MAC tujuan dan sumber. Mengapa jaringan butuh desain hirarkis - Alamat MAC mengindentifikasi host tertentu di jaringan lokal, namun tidak dapat digunakan untuk menjangkau jaringan host jarak jauh - Desain hirarkis diperlukan Manfaat desain hirarkis - Jaringan enterprise paling sering dirancang secara hirarkis dengan tidak menggunakan lapisan akses, lapisan distribusi, lapisan inti - Jaringan hirarkis memerlukan skema pengalamatan yang logis seperti protokol IPv4 atau protokol IPv6 untuk menjangkau host jarak jauh.

#Tiga lapisan dasar desain hirarkis:
 - Access layer --> Menyediakan koneksi ke host di jaringan Ethernet lokal.
- Distribution layer --> Menghubungkan jaringan lokal yang lebih kecil.
- Core layer --> Menyediakan koneksi berkecepatan tinggi antara perangkat lapisan distribusi.        Membagi jaringan lokal.
- Seiring pertumbuhan jaringan, seringkali diperlukan untuk membagi satu jaringan lapisan akses ke dalam beberapa jaringan lapisan akses.

#Ada banyak cara untuk membagi jaringan berdasarkan kriteria yang berbeda. Kriterianya yaitu:
- Broadcast containment
- Security requirements
- Physical locations
- Logical grouping Frame yang akan dikirim yaitu : Minimum 64 bytes - Maksimum 1518 bytes

*Penutup

alam sebuah Perusahan memang dibutuhkan seorang CYberOps agar data perusahan bisa tetap terjaga dan tidak jatuh ke orang yang salah.

*Refrensi

www.cisco.com
Trainer dari Fatchurohman dan Rizka Budiman

Demikian postingan dari saya, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr. Wb

Comments

Popular posts from this blog

Debian itu apa sih?

Supernetting

Fishbone Diagram/Ishikawa Diagram