Apa itu SOP?

Apa itu SOP?






*Pendahuluan

Assalamualaikum Wr. Wb.
hai teman, kali ini saya akan membahas tentang apa itu SOP. Yuk dibaca teman.

*Latar Belakang

 Banyaknya orang yang bekerja kantoran maupun instansi ataupun ditempat  lainnya, tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui apa itu SOP!

*Tujuan

Agar orang - orang mengetahui apa itu SOP, manfaat dan tujuannya

*Waktu yang dibutuhkan

25 - 30 menit

*Pembahasan Materi

A. Pengertian SOP

Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur
merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintahberdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

# Manfaat Standar Operasional Prosedur
▪ sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
▪ Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
▪ Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
▪ Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam
pelaksanaan proses sehari-hari.
▪ Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
▪ Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang
telah dilakukan.
▪ Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
▪ Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
▪ Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
▪ Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya. 


2.Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)

▪Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkatkinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
▪Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
▪Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
▪Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
▪Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.

3.Fungsi Standarad Operating Prosedure
▪Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
▪Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
▪Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak
▪Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
▪Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur
sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber
daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan
visi dan misi perusahaan.

*Penutup

SOP adalah aturan yang sudah ditetapkan oleh sebuah instansi ataupun perusahaan. 

*Refrensi

http://192.168.153.3/data/SOP%20K3%20%20Management%20Project/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf 

Demikian post dari saya, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb 


 

Comments

Popular posts from this blog

Debian itu apa sih?

Supernetting

Fishbone Diagram/Ishikawa Diagram