pengertian komputer,analog,digital,hibrit,generasi 1-4

pengertian komputer

komputer secara etimologi berasal dari bahasa latin computare yang berarti "menghitung"
ada juga yang bilang dari bahasa inggris compute yang memiliki artian yang sama "menghitung"



komputer adalah sebuah alat yang bisa menerima perintah atau intruksi
 untuk melakukan operasi aritmatik dan logika










Komponen-komponen utama
 dalam komputer adalah prosesor, memori, motherboard, power supply, CD ROM, VGA, harddisk, monitor, dan casing.
Jika ditinjau dari arsitekturnya, komputer dapat dibagi menjadi 4 bagian utama, ALU atau unit logika dan aritmatika, unit kontrol, unit input output, dan memori.

Penggolongan komputer
Dari berbagai hal tersebut, terdapat berbagai literatur yang melakukan penggolongan jenis komputer. penggolongan jenis komputer atau macam komputer tersebut umumnya berdasarkan beberapa hal yakni;


  •  Penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah, Berdasarkan data yang diolah, jenis komputer dapat digolongkan sebagai berikut;

analog

Komputer analog adalah sebuah jenis komputer yang dirancang khusus untuk menggambarkan bentuk-bentuk fungsi aritmatika dalam bentuk gambar atau grafis yang berkesinambungan (data sebagai input berkesinambungan). Jika jenis komputer analog ini dibandingkan dengan komputer digital, maka komputer analog kalah dalam hal ketelitian dan kalah dalam kecepatan pengoperasian.

digital
Komputer digital adalah sebuah jenis komputer yang mampu melakukan pengolahan data, dimana data yang diolah dinyatakan dalam bentuk angka duaan atau digit. Pada setiap karakter dinyatakan kedalam kombinasi digit 1 dan digit 0, atau yang lebih familiar (lazim) disebut sebagai bit atau binary digit.

 

hibrit


Komputer hibrit adalah sebuah jenis komputer yang menjadi gabungan (kombinasi) dari kedua jenis komputer diatas (komputer digital + komputer analog), yang mana didalam komputer hibrit ini memiliki peralatan untuk menjembatani antara fungsi analog dan fungsi digital yang disebut dengan converter.
  • penggolongan komputer berdasarkan tujuan penggunaannya

Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)


  •  penggolongan komputer berdasarkan kapasitas/ukurannya


Komputer Mikro (Micro Computer)
Komputer Mini (Mini Computer)
Komputer Kecil (Small Computer)
Komputer Menengah (Medium Computer)
Komputer Besar (Large Computer)
Komputer Super (Super Computer)


  •  Penggolongan komputer Berdasarkan Generasinya


Komputer Generasi Pertama (1946-1959)Tabung vakum
Tabung vakum adalah material yang tidak efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja
ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi dan berat hingga 30 ton.
Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. 

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)transistor
teknologi transistor menjadi awal kemunculan komputer generasi kedua, yang menggantikan peran dari tabung vakum pada komputer generasi pertama,Bila dibandingkan dengan tabung vakum, transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum. Sebagai hasilnya, transistor mampu menciptakan komputer yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Bahasa mesin yang dulunya digunakan kini digantikan dengan bahasa assembly atau yang biasa juga disebut bahasa simbolik

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)sirkuit terintegrasi
komputer generasi ketiga ini menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan transistor sebagai komponen komputer. Transistor pada generasi ini telah di miniaturkan dan ditaruh pada IC, satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasitor.IC pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby seorang insinyur listrik yang mana kemudian dianugerahkan hadiah nobel.Komputer di generasi ini menjadi komputer pertama yang mana pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi

Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)mikroprosesor
“Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu.
Perkembangan komputer generasi keempat tidak terlepas dari Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian menggantikan komponen komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, kini hanya sebesar kepalan tangan







Comments

Popular posts from this blog

Debian itu apa sih?

Supernetting

Fishbone Diagram/Ishikawa Diagram